Begini Ekspresi Para Ibu di Dunia Saat Melahirkan

Quote:



Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang fotografer menangkap wajah-wajah perempuan di dunia saat proses persalinan. Dia berharap, agar karya fotonya dapat menyoroti perbedaan pelayanan kesehatan para calon ibu di benua Eropa dan Afrika.

Moa Karlberg, yang berasal dari Stockholm, menemui tenaga kerja di Swedia dan Tanzania untuk membuat serangkaian foto hitam putih yang berjudul Hundred Times The Difference. Moa berada bersama para ibu saat mereka bertaruh nyawa, mulai dari sepuluh menit sampai ada yang harus melewatinya sampai 18 jam.

Di Eropa para ibu memakai obat penghilang rasa sakit, nitrous oxide, dan berbagai bantuan medis. Sementara itu, perempuan di Tanzania dirawat di klinik-klinik dengan perawatan medis dasar yang serba kekurangan, dari pasokan darah, formula obat, sampai para bidan yang tidak terlatih.



Kendati dengan keadaan memprihantinkan tersebut, Moa mengatakan, “Saya terpana oleh kesamaan ekspresi perempuan. Semua orang melalui tahapan fisik yang sama, meskipun perempuan di Swedia menggunakan obat penghilang rasa sakit dan nitrous oxide, yang sebagian besar perempuan di Tanzania tidak memiliki akses untuk obat tersebut.

“Ketika komplikasi timbul, kesenjangan eksternal menjadi lebih jelas. Banyak perempuan Tanzania kekurangan sumber daya dan peralatan, misalnya spesialis, pembiusan, persediaan darah, perawatan dini, dan susu formula,” kata Moa.“Beberapa perempuan tinggal di daerah yang sangat jauh dari klinik atau bidan terampil. Ini adalah faktor yang menyebabkan kematian ibu.”

Persalinan para ibu adalah momen yang sangat pribadi. Namun, Moa mengatakan bahwa foto-fotonya hanya menunjukkan wajah. Tidak ada bagian tubuh yang pribadi, darah, atau rincian pribadi lainnya.

“Saya menemukan hal yang menarik, bahwa orang-orang, termasuk saya, melihat foto-foto wajah ini bahkan lebih intim daripada tubuh telanjang,” kata Moa. Ekspresi wajah bercerita banyak, dan kebanyakan orang dapat mengidentifikasi dengan itu, dia melanjutkan.

Di dalam banyak foto, perempuan Tanzania terlihat lebih tenang dan lebih santai daripada rekan-rekan mereka di Swedia.

(win/les)
SUMBER
perjuangan yang wajib dihargai oleh anaknya :thumbsup1: