Potret Kepadatan Kereta Api di Jepang Ini Buatmu Masih Bersyukur Hidup di Indonesia




Seorang fotografer Jerman yang tinggal di Tokyo akan mengajakmu untuk melihat lebih dekat ibukota Jepang melalui kacamata para penumpang harian commuter line-nya. Seperti yang akan kamu lihat, pemandangannya cukup "campur aduk" untuk digambarkan. Michael pertama menyadari kepadatan kereta bawah tanah Tokyo yang luar biasa sejak tahun 1995, ketika terjadi serangan gas sarin heboh yang terjadi pada sistem kereta bawah tanah kota tersebut. Kemudian ia menghabiskan bertahun-tahun menjelajahi jaringan kereta bawah tanah dengan kameranya untuk menangkap momen orang-orang "terjebak" dalam mimpi buruk klaustrofobik di dalam commuter line.

Hasilnya adalah sebuah kumpulan foto yang fotografernya sendiri sebut sebagai "Tokyo Compression". Sang seniman itu sendiri menyertakan beberapa kata-kata kasar dalam mendeskripsikannya. Menurutnya orang-orang tersebut dihimpit paksa ke dinding dalam kereta seiring makin banyak orang yang "dilempar" masuk. Pernyataannya tersebut ia sampaikan pada CNN. Ia menambahkan bahwa semuanya nampak seperti sardin kalengan, mereka seperti dalam perjalanan menuju alam kematian. Berikut 20 karya fotografi Michael Wolf yang akan membuatmu masih bersyukur dengan commuter line di Indonesia.


1. Ada keindahan dalam kesenduan





2. Diekspresikan dalam gerakan, karena berbicara itu gak etis





3. Berusaha tenang dalam kesempitan.





4. Berdoa pada Tuhan agar selalu dikuatkan dan sabar





5. Ada sedikit senyuman walau kepepet.





7. Harus siap menghadapi hari!





8. Ada juga yang susah payah menahan rasa kesal.





9. Ini berpegangan atau berdoa? Yang mana saja boleh.





10. Kira-kira dia kenapa ya?




Kalau di Indonesia, yah namanya juga penumpang commuter line banyak kan macamnya jadi lebih baik kita gak mencampuri urusan mereka deh kalau gak diminta bantuan, karena kalo enggak yang ada malah kita di caci maki (mental orang indo masih adat timur sekali soalnya)


Btw, dari potret ini yang bisa kita ambil hikmahnya adalah jepang dengan populasi yang tinggi masih bisa tetap tertib dengan commuter line nya, berarti bukan tidak mungkin di Indo juga bisa kan?!:cool001: