Fenomena Atlet Cyber, Apakah Cyber Sport Bisa Dikatakan Bagian Dari Olahraga?

OJ Borg mengeksplorasi pertumbuhan olahraga elektronik, para pemain profesional yang ikut ambil bagian, dan perdebatan tentang apakah game ini dapat dikategorikan sebagai suatu bagian olahraga? --Game







Beberapa minggu lalu BBC Radio membuat acara tentang tema ini, yaitu dengan nama program "Kebangkitan Atlet Cyber", Salah satu pembicaranya berkata bahwa "Fenomena game komputer saat ini memiliki banyak ribuan pemirsa, industri ini memiliki team, manager, bintang olahraga, mereka berkompetisi dalam game cyber, dan ada juga jendela transfer antar manajer dan pemain, jadi bisakah kita sebut ini sebuah olahraga?"



Di rekaman dokumenter BBC ini menghadirkan perdebatan antara pembicara dan ada juga mereka dari profesional games eSports.



Perkembangan olahraga cyber semakin tumbuh ketika Amazon membeli Twitch musim semi kemarin, website game streaming terkenal ini dibeli seharga 970 juta dolar. Twitch memiliki rata-rata waktu tonton pemirsa 109 menit, angka yang ini lebih besar ketimbang website video yang lain dan mulai bisa mengalahkan waktu tonton acara TV biasa.



Satu perbedaan dengan olahraga biasa dari sisi atlit adalah, bahwa atlit cyber memiliki waktu pensiun yang lama ketimbang sebagai atlit olahraga biasa, jadi ia bisa terus mengantongi laba. Bila dihubungkan dengan website Twitch, atlit bisa mengantongi bayaran lebih dari website ini.



Jadi apakah fenomena cyber sport muncul hanya karena ada unsur UANG?



Rekaman Video Debat bisa disimak disini. Selengkapnya>>













Other Threads:



33 Film yang Tokoh Utamanya Gangguan Jiwa Part 1



33 Film yang Tokoh Utamanya Gangguan Jiwa Part 2



Wallpaper | Poster Film Batman Trilogi Disain Original



10 Film Dokumenter yang Menghebohkan Dunia



Kampanye Wanita TopLess via Film Free The Nipple (2014)