Seminar Internasional & The 28th ACSIC Conference

Seminar Internasional & The 28th ACSIC Conference


Click image for larger version.  Name: Screenshot.jpg  Views: 0  Size: 10.9 KB  ID: 76493

Saat ini diskusi aktif mengenai Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), Globalisasi dan Inklusi Keuangan telah meningkat, yang menjadi isu penting juga yang mempengaruhi peran Industri Penjaminan. Untuk itu sinergi industri dan peningkatan daya saing industri Penjaminan menjadi hal yang tidak bisa ditawar dalam rangka memperkuat positioning Industri Penjaminan khususnya peran industri penjaminan dalam memperkuat Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK) pada masing-masing negara.

Selain itu dalam konferensi ini, ASIPPINDO akan berbagi informasi mengenai pertumbuhan Industri Penjaminan di Indonesia, serta menunjukkan potensi UMKMK yang besar dalam kontribusinya terhadap Perekonomian Nasional. Isu tersebut akan dibahas pada acara Seminar Internasional yang diselenggarakan sebelum konferensi ACSIC dilaksanakan dan merupakan satu rangkaian kegiatan yang diharapkan dapat menambah wawasan anggota ACSIC, anggota ASIPINDO dan stakeholder terkait. Pada acara Seminar Internasional tersebut dihadirkan narasumber yang berasal dari berbagai benua di dunia.
Click image for larger version.  Name: FA full page1.jpg  Views: 2  Size: 93.7 KB  ID: 76488
Memperhatikan perkembangan tersebut, maka tema Seminar Internasional ditetapkan sebagai berikut:
“The Challenge of Borderless SMEs Market in the Developing Economies and the Role of Credit Guarantee Corporation”.

Tema ini diusulkan sebagai upaya berbagi pengalaman bagi Negara berkembang untuk pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK) serta mensosialisaikan peran lembaga penjaminan, dengan mengundang lembaga-lembaga penjaminan yang mewakili negara-negara di dunia.

Sedangkan untuk tema ACSIC Conference adalah :

“Measuring the Soundness and Key Performance Indicator (KPI) of Credit Guarantee Corporation.”

Sebuah tema yang dipilih sebagai upaya untuk mendapatkan informasi terkait dengan pengukuran tingkat kesehatan perusahaan/lembaga penjaminan, termasuk Key Success Factors/Key Performance Indicators (KPI) yang menjadi best practice di insitutsi anggota ACSIC, serta upaya untuk membentuk kesamaan parameter, guna lebih meningkatkan eksistensi perusahaan penjaminan sebagai sebuah industri yang bernaung di bawah industri keuangan non bank.

Kegiatan Seminar Internasional Penjaminan Kredit dan Konferensi ACSIC ke 28 akan dilaksanakan pada tanggal 16 – 20 November 2015 bertempat di Nusa Dua, Bali.

Bali menjadi pilihan untuk lokasi penyelenggaraan konferensi dan seminar tahun ini, dan Konferensi ACSIC ke 28 ini akan diadakan di lingkungan yang menampilkan harmoni yang sempurna tentang alam dan budaya Indonesia yang beranekaragam, tradisional maupun modern Indonesia. Nusa Dua Bali adalah tempat wisata yang populer di dunia, dengan pantai yang cantik, bersih dan pemandangan yang indah, tarian adat Bali, budaya Bali yang menarik, menggabungkan pertunjukkan seni berkelas tinggi.

Informasi selengkapnya bisa mampir ke sini www.guaranteeseminar2015.com

Spoiler for Susunan Acara:


Senin, 16 November 2015 – Seminar Internasional
Pembukaan oleh Ketua Asippindo selaku penyelenggara
Keynote Speech : Menko Perekenomian, Sofyan Djalil

Panel I
Kondisi Pasar Global dan Permasalahan Aksesibilitas Kredit UMKM
Speaker Topic
Mr. Jose Fernando Figuerido – Honorary Chairman of AECM Small and Medium Business Condition in Europe and Their Access to Financing
Ms. Lucia Cusmano - OECD Macro Economy Condition & SMEs Development Overview in the World
Mr. Alessandro Bozo, Chile Support from Government on Financial Accessibility of the SMEs to the Financial Institution
Mr. Giuseppe Gramigna, The US SBA Support of The US Government for SMEs and Financial Institution Development
Mr. Stephen Cartwirght, CEO of NSW Chamber Australia SMEs Development in Australia
CEO Bank BRI / Mandiri SMEs Credit in Indonesia

Panel II
Peran Perusahaan Penjamin Kredit dalam Mendukung UMKM Menghadapi Pasar Global
Speaker Topic
Mr. Pablo Pombo – Secretary General of REGAR, Latin America The Role of CGC to Support SMEs in Latin America
Mr. Mohamed Al-Jafari – Director General Jordan Loan Guarantee Corporation The Role of CGC to Support SMEs in Middle East
Mr. Zac Bentum, Executive Director, Managing Director of Exim Guarantee Company of Ghana Asia The Role of CGC to Support SMEs in Ghana
Mr. TaoofiqLachrach, Maroko The Role of CGC to Support SMEs in Maroko
Mr. Peng Li, Association of China Credit Guarantee The Role of CGC to Support SMEs Development in China
Mr. Bend Leidner, Managing Director Credit Guarantee Fund Tajkistan The Role of CGC in the Crisis Area

Moderator :

Panel I :Renald Kashali
Panel II : Toni Prasetyantono

Selasa, 17 November 2015
ACSIC Conference, Hari ke-1
Pembukaan oleh Ketua Asippindo selaku Penyelenggara ACSIC Conference
Sambutan Gubernur Bali selaku tuan rumah
Keynote Speech : Muliaman Hadad
ACSIC Chief Delegates Meeting

Sessi I
Japan Finance Corporation (JFC) Measuring the Soundness and KPI of Credit Guarantee Corporation – Case in Japan
Pietro Calice – World Bank SMEs’ role for the economic and their challenge for further development
ACSIC Conference, Hari ke-2

Sessi II
Korea Credit Guarantee Fund (KODIT) Principlesfor Public Credit Guarantee Schemesfor SMEs
Small and Medium Enterprise Credit Guarantee Fund of Taiwan (SMEG) Measuring the Soundness and KPI of Credit Guarantee Corporation – Case in Taiwan

Sessi III
Dumoly F Pardede- Deputi IKNB OJK Best Practice of Measurement of Soundness and KPI of Credit Guarantee Corporation


Spoiler for Sekilas tentang ACSIC:


ACSIC adalah Asian Credit Suplementation Institution Confederation, merupakan asosiasi perusahaan penjaminan/suplementasi kredit di Asia Pasifik setiap tahunnya menyelenggarakan kegiatan konferensi (ACSIC Conference) dan program pelatihan (ACSIC Training Program/ATP) yang dilaksanakan di lingkungan negara dan institusi anggota secara bergiliran. ACSIC berdiri pada tahun 1987, dan sampai saat ini ada 11 negara dengan 16 lembaga anggota yang menjadi anggota ACSIC. Negara Anggota ACSIC adalah sebagai berikut : India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Nepal, Papua New Guinea, Pilipina, Sri Lanka, Taiwan, dan Thailand.

Konferensi ACSIC ke 28 tahun ini merupakan konferensi tahunan yang menjadi pertemuan kehormatan bagi seluruh CEO dan manajemen Perusahaan Penjaminan yang tergabung dalam dari negara-negara Asia Pasific. Dalam Konferensi ACSIC ke 28 tahun ini, selain akan hadir Perusahaan-perusahaan anggota ACSIC juga akan hadir peninjau dan narasumber dari Eropa, Amerika, Afrika, Cina serta Australia. Konferensi ACSIC ke 28 diselenggarakan pada tanggal 16 - 20 November 2015 di Nusa Dua Bali. Tuan Rumah dari acara tersebut adalah Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (ASIPPINDO) yang dipelopori oleh Perum Jamkrindo beserta seluruh Perusahaan Penjaminan di Indonesia.

Konferensi Internasional ini merupakan kehormatan bagi negara Indonesia, ASIPPINDO, Perum Jamkrindo dan seluruh perusahaan penjaminan di Indonesia dalam menyambut kehadiran negara-negara sahabat dalam Industri Penjaminan Internasional untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan guna mengembangkan Industri Penjaminan di masa kini dan mendatang. Isu-isu penting terkait dengan Industri Penjaminan akan didiskusikan untuk mendapatkan masukan positif dan konstruktif.

Spoiler for Tujuan:


Tujuan penyelenggaraan Konferensi ACSIC ke 28 adalah sebagai ajang pertemuanpara petinggi perusahaan penjaminan kredit untuk berbagi pengalaman dan best practice dalam mengembangan sistem suplementasi kredit untuk Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK) di kawasan Asia termasuk wilayah Asia ke Barat dan Utara melalui pertukaran informasi, dan diskusi untuk kepentingan pengembangan industri penjaminan.

Sedangkan tujuan dari seminar internasional yang diselenggarakan sebelum Konferensi ACSIC adalah untuk memperkaya wawasan para anggota ACSIC dan stakeholder perusahaan penjaminan di Indonesia terkait lainnya terhadap penjaminan, dan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat pada umumnya tentang kegiatan penjaminan untuk mendukung UMKMK yang tidak hanya dilaksanakan di Indonesia namun juga oleh hampir seluruh negara-negara di dunia.

Dengan dilaksanakannya Seminar Internasional dan Konferensi ACSIC ke 28 ini, diharapkan terjalin kerjasama antara anggota ACSIC untuk mengembangkan Industri Penjaminan dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKMK).
Attached Thumbnails
Click image for larger version.  Name: FA full page1.jpg  Views: N/A  Size: 93.7 KB  ID: 76488   Click image for larger version.  Name: Screenshot.jpg  Views: N/A  Size: 10.9 KB  ID: 76493