Contoh Teknologi Tepat Guna Dalam Lingkungan

Teknologi tepat guna adalah salah satu teknologi yang dirancang dan dibuat untuk orang-orang dengan menyesuaikan aspek kegiatan lingkungan, sosial, budaya, ekonomi dan politik di masyarakat. Teknologi tepat guna ini diciptakan dengan tujuan untuk memfasilitasi manusia dalam melaksanakan kegiatan yang di gelutinya.

Berikut ini adalah contoh Teknologi Tepat Guna Sederhana


Trktor
Traktor adalah salah satu contoh utama dari teknologi tepat guna memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang bekerja sebagai petani. Menurut saya teknologi ini adalah yang paling tepat di Negara Indonesia, karena kebanyakan orang di Indonesia adalah petani.

mesin Penebar pupuk

Sekarang kebanyakan orang Indonesia di desa membuat banyak mesin penyebar pupuk. Teknologi ini sangat berguna bagi mereka yang bekerja sebagai petani, karena alat untuk menerbarkan pupuk ini lebih merata dan menghemat waktu.


Pompa air bertenaga sepeda
Menurut sumber yang pernah saya baca, pompa air bertenaga sepeda digunakan untuk irigasi dan distribusi air di negara Guatemala. Cara kerja pompa air sangat unik. Karena sepeda bertenaga manual, pompa air juga membutuhkan Tenaga manusia untuk mengayuh.

Pompa Hidrolik Ram

Salah satu contoh teknologi yang berhasil menciptakan baik dan memberikan banyak manfaat positif kepada masyarakat adalah hidrolik ram atau pompa hidrolik ram. Pompa air ini sngat hemat energi dan hemat biaya. Alat ini memompa air tanpa menggunakan bahan bakar minyak dan gas, sehingga sangat ramah lingkungan.

Itulah contoh mengenai teknologi tepat guna (ttg) sederhana yang ada di lingkungan kita, semoga dengan teknologi tersebut pekerjaan yang berat menjadi ringan.