Pengertian Air Raksa / Mercury dan Kegunaan dalam Pertambangan

Bahasa lain dari raksa adalah air raksa atau merkuri dan dalam bahasa latinnya hydrargyrum. Pengertian dari air raksa ini sendiri adalah unsur kimia pada tabel periodik dengan simbol Hg dan nomor atom 80. Unsur golongan logam transisi ini berwarna keperakan yang merupakan satu dari lima unsur.Selebihnya ada beberapa unsur lainnya sebagai berikut :
1.Bersama cesium
2.Fransium
3.Galium
4.Brom
Dari beberapa unsur diatas yakni (bersama cesium, fransium, galium, brom) yang berbentuk cair dalam suhu kamar, serta mudah menguap. Hg akan memadat pada tekanan 7.640 Atm. Kelimpahan hg di bumi menempati di urutan ke-67 diantara elemen lainnya pada kerak bumi. Di alam, merkuri (Hg) ditemukan dalam unsur merkuri (Hgo).
Merkuri pun terdiri dari 2 bagian :
1.Merkuri Menovalen(Hg+1)
2.Merkuri Bivalen(Hg+2)
Manfaat dari raksa ini sendiri adalah sebagai berikut :
1.Bahan amalgam gigi
2.Termometer
3.Barometer,dan
4.Peralatan ilmiah lainnya

Walaupun fungsi ataupun pengunaannya untuk bahan pengisi termometer telah digantikan oleh termometer alkohol,digital,atau termistor. Dengan alasan kesehatan dan keamanan karena sifat toksit yang dimilikinya. Unsur ini dapat diperoleh melalui proses redoksi dari cinnabar mineral. Densitasnya yang tinggi menyebabkan benda-benda seperti bola biliar menjadi terapung jika diletakkan didalam air raksa hanya dengan 20 persen voumenya terendam.



Amalgam merupakan proses ekstraksi emas yang tidak banyak memakan biaya dan sederhana karena hanya menggunakan Air Raksa, cara pengolahan emasnya pun dilakukan dengan cara tradisional. Namun hasil yang didapatkan pada saat proses pengolahan emas dengan amalgasi sangat efektif terhadap emas itu sendiri sehingga menghasilkan emas yang murni.


Bahan tambang yang digunakan adalah air raksa, yang mana air raksa dapat anda temukan pada sebuah perusahaan yang menjual produk bahan tambang serta ikut berkecimpung dalam kegiatan pertambangan yakni PT Karkoon Mandiri Jaya. Bukan hanya air yang dapat anda temukan disana melainkan semua kebutuhan produk bahan tambang dan peralatan pertambangan tersedia di perusahaan kami PT Karkoon Mandiri Jaya